Sunday, June 26, 2016

[Event] Belajar Masak dan Nge-Vlog Bareng #BlibliFriendsMeetUp !

Siapa suka masak? Sayaaa...
Siapa pengen jadi vlogger? Sayaaa...
Siapa yang mau diajarin bikin vlog khusus masak-memasak? Sayaaa...

Duh Gusti, paringono dapur koyok iki nang omahku yo..

Jumat, 17 Juni 2016 lalu, saya berkesempatan hadir ke acara Blibli Friends Meet Up: Cooking and Video Blogging Workshop #BelanjaKebaikan with Kokiku TV di Modena Experience Center, Kuningan, Jakarta Selatan yang dimulai pukul 3 sore-7 malam. Seru banget, karena ini adalah event blogger pertama yang saya hadiri, ngabuburit bareng sekaligus buka puasa bersama! Saya hadir bersama teman-teman blogger dari Komunitas Emak Blogger. Walau hujan, tapi kami tetap semangat datang ke sana demi ilmu baru haseeeekk. Sampai di sana dapat goodie bag berisi tas Blibli, pulpen, stiker, sampo dannn voucher Blibli senilai Rp. 100.000! Asiiik rejeki bulan Ramadhan hahaha :D

Acara dibuka oleh sambutan dari Ibu Lani Rahayu, Senior Marcomm Manager Blibli dan Ibu Eci, PR Modena Indonesia. Setelah itu workshop dibawakan oleh Arnold dan Tama dari Kokiku TV. Ada banyak poin penting mengenai pembuatan cooking video blog yang baik, ini dia saya jabarkan di bawah:

Tim Kokiku TV mengajarkan cara membuat vlog yang kece

1. Memulai channel Youtube itu ternyata tidak sulit! Untuk memulainya bisa dengan bermodal kamera smartphone dan software editing video saja kok. Yang penting, perdalam kemampuan kita dalam menggunakan kamera smartphone dan mengedit videonya.
2. Untuk mempermudah proses rekaman, bisa menggunakan tools seperti lazypod, tongsis atau tripod untuk menyangga kamera, apalagi kalau kita melakukan proses rekaman sendirian.
3. Software editing video yang bisa dipakai ada bermacam-macam, misalnya untuk Android ada Kinemaster, untuk Mac ada iMovie dan untuk PC ada Adobe Premiere.
4. Saat proses perekaman, jangan lupa siapkan 'printilan' yang nampaknya sepele tapi ternyata sangat penting, yaitu lighting, storage yang besar, baterai gadget dan harddisk eksternal/USB.
5. Untuk menghemat waktu dan biaya, ternyata 1 bahan saja bisa menjadi 4 konten video lho! Contohnya dari daging ayam, bisa dibuat menjadi konten Tips Mengolah Ayam, Tips Membuat Kaldu Ayam, Resep Sate Maranggi dan Resep Sate Ayam. Cukup untuk konten selama sebulan :D
6. Ketika video sudah siap upload, perhatikan kembali channel Youtube yang sudah kita buat. Gantilah channel icon (thumbnail channel) dan channel art (background channel) sesuai dengan tema channel kita, dan bermanfaat juga sebagai branding. Misal channel kita khusus membuat sweet dessert, maka kita bisa gunakan gambar bertema kue, cream, permen, cokelat dll.
7. Thumbnail video kita juga harus menarik untuk diklik! Gunakan gambar hi-res dan komposisi makanan yang besar, beri judul nama masakan.
8. Backsound yang digunakan untuk video kita sebaiknya jangan gunakan sembarang musik, lebih baik ambil di Youtube Free Library Music saja.
9. Supaya banyak pengunjung ke channel kita, pilihlah tema yang nge-tren saat ini. Contohnya adalah martabak, ayam, mie, kue cubit, pasta dll. Jadi kita harus mengikutin tren makanan yang lagi hits saat ini.
10. Jangan lupa perhatikan tagging video, judul dan deskripsinya harus tepat dan menarik. Lalu videonya bisa disusun berdasarkan playlist supaya rapi dan mudah dicari pengunjung.
11. Ketika sudah mulai ngevlog, jangan lupa konsisten! Perhatikan kualitas, kuantitas dan jadwal upload mingguan supaya pengunjung tertarik dan subscribe channel kita.
12. Durasi video masak yang baik adalah sekitar 2-3 menit. Kalau kelamaan, pengunjung bisa bosan dan akan skip video kita. Yaaahhh.. :(
13. Untuk meramaikan channel, kita bisa ajak Youtuber lain untuk kolaborasi lho!
14. Jangan lupa rajin balas comment box kita supaya ada engagement dengan pengunjung.

Banyak sekali yaa tips yang nampaknya sepele tapi penting sekali untuk vlog kita. Terimakasih, Kokiku TV! Selanjutnya masuk ke acara berikutnya, yaitu Cooking Class bersama Chef Lucky! Chef Lucky akan memasak Semur Daging sekaligus tim Kokiku TV akan mempraktekkan cara shoot video yang baik menggunakan smartphone saja. Aduh yaa sampe sekarang aja saya masih kebayang-bayang wangi semur buatan Chef Lucky :)))))

Chef Lucky siap masak Semur Daging!
Cara shoot bahan makanan

Begitu aja acaranya? Nggak dong, soalnya kita bisa praktik memasak dan buat video sendiri di Modena Experience Center! Yaampun, dapurnya ini keren banget banget. Kalo saya punya dapur begini di rumah udahlah kerjaan saya masak doang kali seharian huahahahaha. Saya 1 team bersama Fika dan mba Ira. Fika yang memang punya channel Fyfood bertugas merekam video, sedangkan saya dan mba Ira menyiapkan bahan dan memasak. Seruuu! Acara pun dilanjut dengan buka puasa bersama, pembagian hadiah dan foto bersama.

Semur Daging hasil karya kelompok kami
Fika, saya dan mba Ira. Cr pic: Fika
Seluruh peserta workshop. Sumber: Artikel Blibli
Untuk yang mau lihat vlog hasil editan Fika (dan saya lagi masak wkwkwk), bisa dilihat di sini ya:

Terimakasih, Blibli dan Kokiku TV! Terimakasih juga Modena Indonesia untuk tempatnya yang sangat cantik! :)

4 comments:

  1. Aku udah punya aplikasi kinemaster tapi masih utak atik aplikasinya. Pengen punya channel sendiri di youtube tapi masih harus belajar banyak soal editing video. Thanks for sharing ya, Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, aku juga udah download cuma masih agak bingung pakainya hihi. Sama-sama ya mba :D

      Delete
  2. Semur daging buatan chef Lucky memang ngangenin, resepnya dimasak ulang, bikin vlognya, apalagi kalau diundang lagi yaa...

    ReplyDelete